Pages

Friday 19 June 2015

Modul Surya 50 WP-100 WP Sumber Energi Alternatif untuk Rumah Tangga


Salah satu aksi nyata untuk gerakan hemat energi secara nasional yang bisa dilakukan minimal oleh satu kepala keluarga yang memiliki hunian baik di pedesaan maupun perkotaan dalam mencegah krisis energi adalah dengan pengalihan suplai energi baru terbarukan yang lebih ramah lingkungan melalui penggunaan modul surya dengan kapasitas 50 WP-100 WP, setidaknya dapat digunakan untuk pemakaian lampu dan peralatan listrik skala rumah tangga diantaranya radio, tv , computer, kulkas, pompa air atau lainnya.
Adanya wacana krisis energi di dunia serta terancamnya kelestarian lingkungan bumi ini, membuat pemerintah semakin menggalakkan gerakan hemat energi secara nasional. Agar gerakan ini berjalan dengan baik dan konsistenharus ada kesadaran dari pemerintah, pelaku industri dan masyarakat yang dibarengi aksi nyata untuk mengurangi konsumsi energi dan menggunakannya secara efisien. Selain itu, pengalihan suplai energi kepada sumber energi baru terbarukan yang lebih ramah lingkunganjuga harus segera diwujudkan. Tujuannya untuk pencegahan krisis energi, penghematan biaya, dan kelestarian lingkungan.
Salah satu aksi nyatauntuk gerakan hemat energi secara nasional yang bisa dilakukan minimal oleh satu kepala keluarga/rumah tangga yang memiliki hunian baik di pedesaan maupun perkotaan dalam mencegah krisis energi adalah dengan pengalihan suplai energi baru terbarukan yang lebih ramah lingkunganmelalui penggunaan modul suryadengan kapasitas 50 WP-100 WP, setidaknya dapat digunakan untuk pemakaian lampu dan peralatan listrik skala rumah tangga diantaranya radio, tv , computer, kulkas, pompa air atau lainnya.
Kenapa dipilih modul suryasebagai sumber energi alternative, hal itu di dasari pemanfaatan energi matahariyang merupakan salah satu potensi besar bagi negara Indonesia, karena posisi geografis Indonesia yang di lewati oleh garis khatulistiwa dan memperoleh lama penyinaran disekitar 6-8 jam perhari. Cahaya matahari dapat dimanfaatkan dengan menggunakan Fotovoltaik (PV) menjadi energi listrikdi masa datang.PV mempunyai kelebihan membutuhkan sedikit perawatandan ramah lingkunganserta lama umurnyadapat mencapai 25-50 tahun dengan perawatan yang baik.
Pembangkit listrik tenaga surya merupakan salah satu pembangkit tenaga listrik alternatifyang banyak dikembangkan sebagai jenis pembangkit listrik terbarukandi masa datang. Penggunaan PV sebagai sumber energi lampu penerangan akan menghemat pemakaian energi listrik dibandingkan apabila lampu itu menggunakan energi listrik yang masih menggunakan sumber energi fosil.
Untuk besaran 50 WP secara sederhana dapat diartikan kemampuan maksimal modul suryaitu 50 Watt, syarat maksimal adalah intensitas matahari yg tinggi dan temperature sekitar modul surya normal. (berlaku juga untuk 100 WP ~ 100 watt). Untuk 50 WP ini dikembangkan sebagai PLTS yang sangat sederhana. Kenapa sederhana, karena desain diperuntukkan bagi penduduk di pedesaan yang belum mendapatkan koneksi ke jaringan listrik. Didesain untuk pemakaian di rumah-rumah di pedesaan untuk lampu penerangandan untuk menyuplai peralatan elektronik DC sederhana, seperti Radio atau TV kecil. Sedangkan untuk perumahan skala menengah, dapat diperluas untuk peralatan rumah tangga lainnya, seperti Komputer, Kulkas, Pompa air, dan sebagainya, dengan cara meningkatkan kapasitas dayadari modul surya dan baterainya, serta menambahkan perangkat Inverter untuk menghasilkan tegangan AC.
Keuntungan menggunakan teknologi ini:
Instalasi mudah 
Hanya dengan menggunakan peralatan sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus.
Pengoperasian mudah 
Sistem bekerja tanpa bahan bakar dan tidak memerlukan pengoperasian khusus. 
Daya tahan lama 
Sistem telah terbukti dapat bekerja secara kontinyu dengan baik selama lebih dari 25 tahun. 
Ramah Lingkungan 
Sistem tidak mengakibatkan polusi dan tidak menghasilkan gelombang elektromagnetik. 
Penggunaan modul suryadiatas bisa dirakit/instalasi dan dioperasikan sendiri oleh masyarakat/pengguna.
Lalu sekarang, pertanyaan yang paling penting mungkin banyak yang bertanya lalu kemanakah mencari modul suryayang bisa memenuhi kebutuhan tersebut dan berapakah biayanya? Terkait kebutuhan dan perkembangan diatas, saat ini sudah ada salah satu perusahaan industri yang mempunyai produk terkait modul surya 50 WP dan 100 WP,yaitu PT.Len industri (persero) yang beroperasi di Bandung, dengan produk Solar Home System (SHS),dengan pengalaman lebih dari 1 MWp SHS buatan PT.Len industri (persero) ini telah terpasang di berbagai daerah di Indonesia. Untuk harga, jika anda bandingkan dengan penggunaan PLN memang masih cukup mahal, tapi itu akan sangat menghemat energi secara nasional dan waktu ke depannya. Sekedar referensi (dari hasil sebuah studi banding), di negara jerman sebagian besar warganya sudah menggunakan modul surya ini dengan kapasitas 1000 watt, dengan asumsi sistem 100 watt untuk pemakaian alat listrik sederhana, dan 900 watt ditukarkan dengan listrik dari perusahaan listrik negara jerman(kenapa ditukarkan, agar mendapatkan pasokan listrik lebih besar, namun perusahaan listrik negara tetap bisa berhemat (sederhananya seperti tukar tambah, red)), sehingga secara nasionalpun negara jerman sudah menghemat 100 watt per kepala keluarga/rumah tangga. Anda bisa bayangkan jika dikali banyak penduduk Indonesia saat ini dengan asumsimasyarakat indonesia mau dan mampu menerapkan sistem modul surya sebagai sumber energy baru terbarukan alternative ini disertai regulasi yang jelas dari pemerintah, maka akan sangat banyakpotensi hemat energisecara nasional yang tercapai.

Artikel ini telah diikut sertakan dalam writing blog contest di bisnis.com (bisnis indonesia) bisa di cek disini

0 komentar:

Post a Comment