Pages

Monday 30 June 2014

Puasa Aman Bagi Ibu Hamil

Ada anggapan bahwa berpuasa saat hamil dapat mempengaruhi kesehatan dan juga perkembangan janin. Padahal selama kondisi kehamilannya tidak bermasalah dan juga kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi, berpuasa tetap aman bagi ibu hamil.

Dokter Alvin Setiawan, Sp.OG dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi mengatakan, berpuasa tidak dianjurkan hanya pada kehamilan trimester pertama yang disertai gangguan mual dan muntah-muntah. Sebab dikhawatirkan janinnya bisa kekurangan nutrisi.

"Tapi bila sudah memasuki trimester kedua dan tidak mengalami gangguan kesehatan seperti diabetes atau hipertensi, silahkan saja berpuasa seperti orang pada umumnya. Karena sebetulnya berpuasa itu hanya mengubah pola makan saja.

Meski tidak mengkonsumsi apa pun selama berpuasa, lanjut Alvin, kalori yang dibutuhkan janin tetap bisa terpenuhi dari cadangan kalori yang dimiliki ibu.

"Pada masa hamil, kebutuhan kalori per harinya terpenuhi adalah 2.300 kilo kalori. Jadi selama kebutuhan kalori ini bisa tercukupi dari makan sahur dan saat berbuka, perkembangan janin akan tetap normal," lanjutnya.

Karena itulah, ibu hamil yang berpuasa harus menjaga kadar gula atau kalori dalam tubuhnya agar tetap stabil. Sebaiknya konsumsi karbohidrat yang naiknya lambat dan baru akan turun mendekati waktu berbuka. Contohnya beras merah, daging, atau kacang-kacangan.

#hamil #puasaramadhan   

sumber : g+ Ustad Yusuf Mansur

0 komentar:

Post a Comment